top of page

Grupo de Suporte

Público·20 membros

Algoritma Dan Pemrograman


Algoritma dan pemrograman. Bidang informasi di dunia modern saat ini berkembang sangat pesat. Hal tersebut memberi manfaat yang luar biasa bagi kemajuan peradaban umat manusia yang tidak terlepas dari segala aktivitas yang ditunjang dengan teknologi informasi, sehingga mampu menjawab tuntutan pekerjaan dengan lebih cepat, efektif, dan efisien.




Algoritma dan Pemrograman



Algoritma lahir sebagai bagian dari ilmu matematika. Akan tetapi, seiring dengan perkembangannya, alogaritma dianggap lebih berhubungan erat dengan ilmu komputer. Terdapat dua notasi umum yang digunakan dalam penulisan algoritma, yaitu pseudocode dan flowchart.


Pseudocode merupakan rangkaian instruksi yang menggambarkan langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan. Pseudocode berbeda dengan bahasa pemrograman dan tidak terikat pada bahasa pemrograman tertentu, sehingga pseudocode tidak dapat disamakan dengan sintaks program.


Pemrograman (programming) adalah sebuah proses menerjemahkan rangkaian logika atau alur berfikir yang disebut dengan algoritma menjadi notasi-notasi atau karakter-karakter bahasa pemrograman, sehingga rangkaian notasi atau karakter tersebut dapat dijalankan oleh komputer.


Proses pemrograman memerlukan kemampuan analisis masalah, menerjemahkannya menjadi langkah-langkah penyelesaian. Kemudian menuliskannya ke dalam bentuk kode-kode atau perintah menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Bahasa pemrograman adalah sebuat instruksi standar untuk memerintah komputer agar menjalankan fungsi tertentu.


Saat ini terdapat banyak sekali bahasa pemrograman yang popular dan digunakan secara luas. Masing-masing bahasa pemrograman tersebut memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing. Beberapa bahasa pemrograman yang sering digunakan saat ini diantaranya adalah C, C++, C# (dibaca C sharp), Java, Ruby, Python, PHP, dan JavaScript.


Kebanyakan orang awam yang mendengar tentang kata algoritma ini pasti menduga bahwa ini berkaitan dengan bahasa pemrograman, ilmu komputer, matematika dan berisi sekumpulan angka-angka. Hal itu tidaklah salah karena suatu algoritma memang erat hubungannya dengan perhitungan, namun disini akan membahas lebih dalam mengenai pengertian algoritma dalam dunia pemrograman. Secara umum, algoritma sendiri mewakili langkah-langkah dalam pemecahan masalah. Sekarang, terutama di tahun ini, bahasa pemrograman semakin banyak dipelajari oleh orang-orang baik itu di bidang keperawatan, bangunan, pendidikan dan lain sebagainya.


Hampir di semua aktivitas pemrograman pasti tidak akan lepas dengan yang namanya algoritma karena menjadi dasar pijakan yang paling penting dalam membuat suatu program. Tanpa adanya pengetahuan lebih mengenai algoritma pemrograman maka hasil yang diperoleh pasti tidaklah maksimal. Salah satu yang paling penting bagi seorang programmer sebelum membuat program adalah memahami terlebih dahulu logika yang akan dipakai atau biasa disebut algoritma yang akan digunakan.


Sebelum membuat program Anda harus mengetahui pengertian dari algoritma pemrograman. Pengertian algoritma adalah suatu urutan atau alur yang dipakai dalam perhitungan atau pemecahan masalah secara sistematis, dan dalam aktivitas pemrograman algoritma seringkali dianggap sebagai logika dalam penentuan program yang akan dibuat. Pendapat lain mengatakan definisi algoritma adalah proses atau serangkaian aturan yang harus diikuti dalam perhitungan atau operasi pemecahan masalah lainnya, terutama oleh komputer. Dengan kata lain, semua susunan logis yang diurutkan berdasarkan sistematika tertentu dan digunakan untuk memecahkan suatu masalah dapat disebut dengan algoritma.


Pastinya Anda semua pernah melihat resep makanan, mereka mencantumkan bahan-bahan yang dibutuhkan dan serangkaian langkah untuk membuat makanan yang dijelaskan. Nah, algoritma memang seperti itu. Dalam bahasa komputer, kata untuk resep adalah prosedur, dan bahan-bahannya disebut masukan. Komputer Anda melihat prosedur Anda, mengikutinya ke alur tersebut, dan Anda bisa melihat hasilnya, yang disebut output. Algoritma pemrograman menjelaskan cara melakukan sesuatu, dan komputer Anda akan melakukannya persis seperti itu setiap saat.


Penentuan algoritma dalam pemrograman ini merupakan hal dasar yang harus diketahui dan menjadi tahap awal dalam pembuatan program. Penyajian algoritma dapat dilakukan menjadi dua bentuk yakni dalam tulisan maupun gambar, tergantung dari metode atau tahap yang digunakan oleh seorang programmer. Penyajian dalam bentuk tulisan biasanya menggunakan pseudocode sedangkan dalam bentuk gambar biasanya dalam bentuk diagram flowchart. Tantangan tersulit adalah mengimplementasikan algoritma yang ditentukan menjadi code atau script yang tertata dan dapat berjalan sesuai keinginan.


Setelah mengetahui pengertian dari algoritma, Anda juga harus mengetahui apa fungsi sebenarnya dari algoritma ini. Pada dasarnya fungsi utama dari algoritma adalah untuk memecahkan suatu masalah. Suatu algoritma pemrograman membawa keuntungan serta fungsi penting dalam aktivitas pembuatan program. Berikut ini merupakan fungsi algoritma yang perlu Anda ketahui :


Program ditulis dalam salah satu bahasa pemrograman dan kegiatan membuat program disebut pemrograman (programming). Orang yang menulis program disebut pemrogram (programmer). Tiap-tiap langkah di dalam program disebut pernyataan atau instruksi. Jadi, program tersusun atas sederetan instruksi. Bila suatu instruksi dilaksanakan, maka operasi-operasi yang bersesuaian dengan instruksi tersebut dikerjakan komputer. Secara garis besar komputer tersusun atas empat komponen utama yaitu, piranti masukan, piranti keluaran, unit pemroses utama, dan memori.


Algoritma merupakan suatu alur yang sistematis untuk memecahkan masalah, dengan salah satu bentuk penyajiannya menggunakan flowchart atau diagram. Algoritma ini, juga tidak hanya diterapkan pada pemrograman saja, akan tetapi di kehidupan sehari-hari pun secara sadar Anda menggunakan algoritma.


Contoh sederhana adalah ketika hendak memasak mie rebus, ada langkah-langkah yang harus Anda lakukan terlebih dahulu. Serta langkah itulah yang disebut dengan algoritma sederhana. Sebagai contoh lain, misalnya ada banyak permasalahan matematika yang mudah jika diselesaikan secara tertulis, tetapi akan menjadi cukup sulit jika kita terjemahkan ke dalam pemrograman. Dalam hal ini, algoritma dan logika pemrograman akan sangat penting dalam pemecahan masalah.


Walaupun Algoritma bisa dibilang sebagai jantung, terutama jika terkait dalam ilmu komputer ataupun informatika (baca pengertian Informatika disini), tetapi jangan sampai beranggapan bahwa algoritma selalu identik dengan ilmu komputer saja.


Sesuai dengan penjelasan diatas bahwa algoritma adalah prosedur untuk menyelesaikan suatu masalah, baik itu dalam ilmu matematika, ilmu komputer, bahkan masalah kehidupan manusia sehari-hari. Algoritma mencakup perhitungan, penalaran, dan pemrosesan data yang dapat disajikan dalam bahasa alami, kode, diagram alur (flowchart), dan lain-lain. Serta dari contoh algoritma di atas kita dapat memahami bahwa suatu algoritma dapat diekspresikan dan dianalisis melalui diagram alur (flowchart).


Seperti yang kita tahu, algoritma adalah sebuah prosedur langkah demi langkah untuk memecahkan masalah. Sebuah algoritma yang baik harus dioptimalkan dari segi waktu dan ruang. Masalah yang berbeda biasanya memerlukan jenis algoritma yang berbeda untuk diselesaikan dengan cara yang paling optimal.


Algoritma Brute Force merupakan jenis algoritma yang paling dasar dan paling sederhana. Algoritma ini menggunakan pendekatan yang sama seperti pikiran kita saat melihat masalah. Secara teknis, algoritma ini seperti mengulangi setiap kemungkinan yang tersedia untuk menyelesaikan masalah itu.


Jenis algoritma ini didasarkan pada rekursi. Dalam rekursi, suatu masalah diselesaikan dengan memecahnya menjadi submasalah dengan tipe yang sama dan memanggil diri sendiri berulang-ulang sampai masalah diselesaikan dengan bantuan kondisi dasar.


Jenis algoritma ini juga dikenal sebagai teknik memoisasi karena menyimpan hasil yang dihitung sebelumnya untuk menghindari penghitungan berulang kali. Dalam Dynamic Programming, masalah yang kompleks dibagi menjadi masalah yang lebih kecil dan menyimpan hasilnya untuk penggunaan di masa mendatang.


Dalam algoritma greedy, solusi dibangun bagian demi bagian. Keputusan untuk memilih bagian selanjutnya dilakukan atas dasar bahwa hal itu memberikan manfaat langsung. Algoritma Greedy tidak pernah mempertimbangkan pilihan yang telah diambil sebelumnya.


Algoritma backtracking adalah jenis algoritma yang masalahnya diselesaikan dengan cara inkremental. Teknik inkremental berarti memecahkan masalah secara rekursif dengan mencoba membangun solusi secara bertahap satu per satu dan juga menghapus solusi yang gagal.


Alhamdulillah kami panjatkan kehadirat Allah SWT, serta sholawat dan salam tercurahkan kepada junjungan nabi kita nabi Muhammad SAW. Buku Algoritma & Pemrograman menggunakan Matlab ini dimaksudkan sebagai pegangan kegiatan belajar mengajar di Fakultas Teknik Umsida, khususnya untuk program studi Teknik Industri dan Teknik Mesin. Pada buku ini diuraikan tentang berbagai jenis tipe data, variabel, dan konstanta serta pemakaiannya dalam algoritma Mengetahui dan memahami operator aritmetika dan logika dan penggunaannya dalam algoritma. Menggunakan bahasa pemrograman Matlab untuk pemecahan masalahnya. Penulis menyadari bahwa pada penyusunan buku Algoritma & Pemrograman menggunakan Matlab ini jauh dari sempurna, baik dari segi penyusunan, bahasan, ataupun penulisannya. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun, guna menjadi acuan dalam bekal pengalaman untuk lebih baik dimasa yang akan datang. Semoga buku ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.


Mempelajari dan memahami konsep dasar algoritma menjadi pondasi penting dalam pemrograman komputer. Bagi Kamu calon programmer atau pelajar di jurusan IT wajib memahami konsep dasar algoritma. Dengan pemahaman algoritma yang baik, Kamu dapat mempelajari pemrograman komputer dengan lebih mudah.


Informações

Bem-vindo ao grupo! Você pode se conectar com outros membros...

membros

bottom of page